Cara Memillih Buah Alpukat yang Sudah Matang

Cara Memillih Buah Alpukat yang Sudah Matang
Cara Memillih Buah Alpukat yang Sudah Matang Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih alpukat matang, salah satunya adalah menekan daging buah. (skeeze/Pixabay)

BangunBanten.Com - Alpukat adalah buah dengan tekstur lembut yang tumbuh di wilayah dengan iklim hangat seperti Indonesia, Australia dan benua Amerika. Sama seperti buah-buah lainnya, alpukat memiliki berbagai ragam jenis yang tentu memiliki tekstur dan tampilan berbeda. Karena itu penting mengetahui perbedaannya dan cara memilih alpukat yang matang agar Anda tidak kecewa ketika membelahnya.

Saat ini buah yang punya nama ilmiah Persea Americana itu menjadi makanan yang sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan. Alpukat sering disebut sebagai 'makanan super' karena manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan. Di antaranya, untuk kesehatan jantung, mata, menghindari osteoporosis, mencegah kanker, mengurangi resiko depresi, dan memperlancar pencernaan. 

Ada beberapa jenis buah alpukat yang juga dikenal memiliki rasa gurih ini. Berikut beberapa jenis alpukat yang dibedakan berdasarkan warna, ukuran atau bentuknya.

Alpukat Choquette 

Alpukat Choquette merupakan buah alpukat dengan tekstur daging yang halus dan ringan. Ciri khas dari alpukat ini adalah sebagian besar komposisinya terdiri atas air. 

Alpukat Tonnage 

Foto: silverstylus/Pixabay

Alpukat tonnage memiliki bentuk seperti buah pir dan kulit yang bertekstur. Alpukat ini memiliki ciri khas saat dicicipi karena rasanya yang sangat manis, meski memiliki kandungan minyak yang rendah, daging buah ini bertekstur lembut dan halus. 
 

Mexicola Grande

Mexicola grande memiliki kulit yang hitam berkilau dan sangat tipis, setipis kertas. Alpukat yang berukuran kecil ini, memiliki rasa yang ringan dan sedikit berserat.

Aneheim

Berlawanan dengan mexicola grande yang berukuran kecil, alpukat anaheim berukuran besar, sebesar bola softball. Alpukat memiliki daging yang lembut dan biasanya tumbuh di bulan Juni hingga September.

Hass

Hass telah menjadi alpukat favorit di seluruh dunia karena memiliki tekstur yang seperti mentega. Alpukat ini biasanya dijadikan hadiah karena tahan lama untuk pengiriman dan tumbuh sepanjang tahun. 

Buah alpukat dapat dikonsumsi langsung, dicampur menjadi salad, digunakan sebagai topping roti panggang, atau ditumbuk sebagai bahan dasar guacamole. Untuk mendapatkan rasa yang lezat pada olahan alpukat, kita harus mencari buah alpukat yang tepat. Berikut tips untuk memilih buah alpukat yang sudah matang: 

1. Tekan Alpukat Perlahan

Untuk memastikan alpukat sudah matang atau belum, kita dapat menekan buahnya secara perlahan. Tetapi, jangan tekan sisi alpukat yang akan kita makan karena akan membuatnya rusak.

Tekan pada bagian atas alpukat. Jika dapat ditekan dengan mudah tetapi bentuknya tidak berubah, alpukat tersebut siap dimakan. Tetapi jika meninggalkan bekas penyok, alpukat tersebut cenderung terlalu matang dan dagingnya biasanya berwarna cokelat.

2. Cabut Sisa Batang Atas alpukat

Untuk mengidentifikasi buah alpukat sudah matang adalah dengan mencabut bagian sisa batang yang terdapat di bagian atas alpukat. Jika itu lepas dengan mudah terlihat warna hijau di bawahnya, alpukat sudah matang. Jika tidak mudah lepas atau terlihat warna cokelat di bawahnya, itu pertanda alpukat belum matang atau terlalu matang, sehingga tidak bisa digunakan.

3. Jangan Menilai Warnanya

Warna tidak bisa menceritakan keseluruhan isi alpukat. Karena ada ratusan varietas alpukat yang berbeda, setiap jenis memiliki perubahan warna yang berbeda saat matang.

Misalnya alpukat Hass akan berubah menjadi hijau tua atau hitam saat matang, tetapi beberapa varietas alpukat lainnya mempertahankan kulit hijau terang mereka saat matang.  

4. Hindari noda gelap saat memilih alpukat matang

Setiap perubahan warna adalah tanda bahwa buah telah melewati masa puncaknya. Untuk itu, kita sebaiknya menghindari buah dengan noda gelap di permukaan kulitnya.

5. Jangan menilai dari tekstur

Sama halnya dengan warna, kita tidak bisa melihat kematangan alpukat dari teksturnya. Hal ini disebabkan karena setiap jenis alpukat memiliki tekstur yang berbeda. Misalnya, alpukat Fuetre, Bacon, dan Zutano memiliki kulit yang halus. Sedangkan alpukat Gwen, Reed dan Hass berkerikil. Mengetahui perbedaan-perbedaan tektsut ini tentu akan membantu Anda ketika memilih buah alpukat yang matang.
 

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190826111540-262-424666/cara-memillih-buah-alpukat-yang-sudah-matang