Kemampuan Beradaptasi adalah Bakat Penting untuk Dimiliki, Kenapa?

Kemampuan Beradaptasi adalah Bakat Penting untuk Dimiliki, Kenapa?
Adaptasi adalah kunci bertahan hidup yang sesungguhnya

BangunBanten.com - Dalam menjalani kehidupan, kita mungkin pernah merasa tertindas, atau merasa tidak cocok dalam suatu lingkungan pertemanan, atau bahkan merasa tidak berada di zaman yang tepat. Perasaan seperti ini jika dibiarkan dan tidak diberi tindakan apa-apa akan membuat kita gagal dalam hidup. Gak cuma pada bidang pekerjaan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun kita akan mudah menyerah.

Sebenarnya, ada satu kunci utama yang membuat kita bisa bertahan dalam kehidupan yang keras ini. Kunci ini sudah digunakan jauh-jauh hari dari zaman pra-sejarah dan nenek moyang kita pada zaman dahulu. Ya, beradaptasi! Ketika menjalani keseharian, kita memang seringkali lupa untuk mengenali hal yang satu ini. Apalagi untuk mengaplikasikannya. Kita mungkin sudah tidak melakukannya lagi seiring berjalannya waktu.

Seberapa penting sebenarnya kemampuan beradaptasi ini untuk kita miliki? Berikut penjelasannya.

1. Agar tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif dari kemajuan zaman

Zaman yang terus mengalami kemajuan memang membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita. Tapi, tidak dapat disangkal bahwa bersamaan dengan manfaat tersebut, terdapat pula dampak-dampak negatif yang menyertainya. Di sinilah kemampuan beradaptasi akan menjadi penyelamat bagi kita. Tidak peduli seberapa buruknya pengaruh perkembangan zaman bagi orang lain, jika kita sudah bisa beradaptasi maka kita tidak akan mudah terpengaruh.

2. Supaya kita tidak lupa akan tujuan kehidupan

Cepatnya waktu berlalu dan berbagai kesibukan yang membuat kita terlena, menjadikan kita berada di roda putar hamster yang tidak pernah berhenti. Semua hal itu kemudian akan mengalihkan kita dari pikiran lain yang harusnya selalu kita ingat. Yaitu memikirkan tentang tujuan hidup kita di dunia ini. 

Nah, kemampuan beradaptasi yang sudah terlatih akan membuat kita lebih bisa mengatur ayunan langkah dalam menjalani hidup sehingga selalu ingat pada tujuan hidup. 

3. Terhindar dari gangguan mental akibat tekanan hidup

Hidup yang keras ini memang bukan tidak mungkin menjadikan banyak orang terserang depresi. Berbagai tekanan kehidupan yang mendera mudah mengakibatkan gangguan mental datang menyerang. Jangan dianggap remeh, penyakit mental ini sama berbahayanya seperti penyakit fisik yang bisa parah banget, lo.

Inilah yang bisa dihindari jika kamu memiliki kemampuan beradaptasi. Orang yang mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya serta dengan berbagai kejadian yang dialaminya, gak akan mudah terserang depresi.


4. Sehingga keseimbangan dalam menghadapi kenyataan bisa tetap tercapai

Dalam hidup ini kita memerlukan yang namanya keseimbangan. Mengerti porsi yang tepat untuk berduka maupun bersuka akan membuat kita lebih bisa melewati hari-hari dengan sewajarnya. Keseimbangan juga akan mengajarkan kita untuk gak berlebihan dalam apapun. Kemampuan beradaptasi, dipastikan bisa mengantarkan kita pada keseimbangan yang sesungguhnya.

5. Tidak lain dan tidak bukan adalah supaya kita tetap bisa bahagia

Banyak orang bersusah payah mencari kebahagiaan dalam hidupnya. Bahagia bukan sekedar didapat dari pergi shopping, atau bersenang-senang dengan teman, atau melakukan pesta sepanjang malam. Kebahagiaan seperti itu bersifat sementara dan yang pasti gak akan bertahan untuk waktu lama. 

Tapi, melalui kemampuan beradaptasi yang sudah terasah, kita akan lebih mudah mencari dan menemukan sumber kebahagiaan yang sesungguhnya. Kebahagiaan yang sifatnya gak hanya sementara tapi berkelanjutan bahkan hingga selamanya. Sudah siap untuk beradaptasi kan?.

sumber:https://www.idntimes.com/life/inspiration/daysdesy/kemampuan-beradaptasi-adalah-bakat-penting-untuk-dimiliki-c1c2/full