Khusu dalam Shalat

Khusu dalam Shalat

bangunbanten.com-Tanya : 
pak Ustadz,dalam Qur`an di nyatakan,shalatlah untuk mengingat aku sementara saya ketika shalat terkadang masih mengingat macam-macam.terus,bagaimana supaya kita bisa ingat allah sewaktu shalat?  

...Jawab...
KETIKA WUDHU,kita harus sudah mulai ingat.Ingat apa? Ingat kepada Allah. Juga ingat bahwa ketika berkumur, keluar dosa dari mulut.Ketika membasuh muka, keluar dosa dari mata.Ketika mencuci tangan,keluar dosa dari telapak tangan.Ketika mengusap kepala, keluar dosa dari kepala. Ini hadis riwayat Ibnu Majah dalam Kitab Sunan Ibnu Majah

Artinya:
Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu,Ia berkata.Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahuha alaihi wa sallam bersabda:”Sesungguhnya umatku akan dihadirkan pada hari kiamat dengan wajah,tangan,dan kaki yang bercahaya karena bekas-bekas wudhu mereka. Karenanya barang siapa di antara kalian yang bisa memperpanjang cahayanya maka hendaklah dia lakukan.” 

(HR.Bukhari I/63 no.136,dan Muslim |/216 no.246) 

 

Atas dasar Ini,makanya kalau sedang berwudhu dilarang ngobrol.setelah selasai wudhu,kita tetap menjaga ingatan kepada Allah dengan cara berdoa setelah wudhu sesuai Tuntunan.

terus ketika memulai shalat,selaraskan antara ucapan dengan Ingatan.Yakni,apa yang kita baca harus kita ketahui artinya.Saat lisan membaca,meskipun sangat lirih,hati juga ikut 
mengikuti apa yang dibacanya itu.Makanya saat shalat sebaiknya mulut bergerak mengikuti bacaan.

Ada sahabat Nabi saw.bernama Khabab,ia di tanya ,"Hai,Khabab.Nabi kalau shalat  mulutnya bergerak tidak?" 
                "ya," jawab khabab.
"Bagaimana kamu tahu? memang kamu melihatnya?"
"Sebab,saya lihat jenggot beliau ikut bergerak saat shalat."

Begitulah ,meskipun suaranya sangat lirih dan hanya di dengar oleh diri sendiri tapi mulut sebaiknya bergerak mengikuti bacaan shalat.Ini untuk menjaga agar hati terus ingat kepada Allah melalui bacaan yang di bacanya.    

 di ambil dari buku: " Ustadz Abdul Somad Menjawab" hal 50-52,cetakan kelima,2019