Mencicipi Ragam Sajian Menarik dari Basque Country Spanyol

Mencicipi Ragam Sajian Menarik dari Basque Country Spanyol

 bangunbanten.com-Dunia kuliner dengan berbagai masakan bercita rasa lezat dan unik memang selalu menarik untuk dieksplorasi. Satu di antaranya yang wajib dicoba adalah deretan sajian yang berasal dari Basque Country, Spanyol.

Anda tak perlu jauh-jauh untuk terbang ke Negeri Matador untuk mencicipi masakan Basque. Hidangan otentik tersebut kini telah dapat dinikmati di Txoko Jakarta yang terletak di Jalan Suryo No.6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Gastronomi Basque sangat terkenal di dunia. Banyak orang yang datang ke Basque Country tak hanya ke pantai atau museum tapi untuk mencicipi makanannya," kata Chef and Partner Restoran Txoko Jakarta, Oskar Urzelai  di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 20 Juni 2019.

Nama Txoko sendiri berasal dari istilah masyarakat gastronomi tertutup di Basque Country, ketika keluarga dan teman berkumpul untuk memasak, eksperimen cara masak baru, makan, sampai bersosialisasi yang disebut tkoxo. Dalam bahasa Basque dibaca "cho-ko" yang berarti sudut yang nyaman.

"Saat saya membuka restoran, kami mendapatkan feedback yang bagus. Kami tidak hanya menyuguhkan makanan, tetapi juga culinary experience dari presentasi dan rasa," lanjut Chef Oskar.

Chef yang telah terjun di industri makanan dan minuman selama lebih dari dua dekade ini juga menyampaikan ingin mencoba membawa sajian tradisional Basque dengan mencampurnya bersama bahan-bahan yang ada di Indonesia.

"Kami selalu mengubah menu tergantung pasar dan musim. 95 persen bahan-bahan lokal Indonesia, hanya 5 persen kami memakai bahan impor mulai dari minyak zaitun, keju, dan daging," lanjutnya.

Masakan-masakan di Txoko Jakarta

Pintxo Gilda

Txoko Jakarta menghadirkan deretan hidangan seperti pintxos yang dibaca "pinchos", tapas ala Basque dengan topping dari macam-macam bahan.

Sebut saja Gilda, pintxo khas Basque yang ditemukan bertepatan dengan festival San Sebastian Internasional Film Festival di kota itu. Blockbuster acara tersebut adalah Gilda yang dibintangi oleh Rita Haywoth.

Pintxo Gilda berisi buah zaitun, cabai atau paprika hijau, dan ikan teri. Ada beragam paduan rasa mulai dari asin, pedas, dan asin ketika menikmatinya.

Spanish Omelette "Lasao"

Ada pula sajian Seaweed with Squid Mellow Rice, Grilled octopus with Boletus Cream, Eggplant and Feta cheese Croquetas, Spanish Omelette "Lasao", Marinated Salmon with Mustard Ice Dream, Burrata Salad with Red pesto Dressing, Artichokes with Clams, Garlic Prawns pret-a-Porter, dan lainnya.

Menu yang disajikan sesuai musim dan dapat disesuaikan seperti musim semi adalah waktu yang tepat untuk ikan teri dan tenggiri, Idiazabal cheese, artichoke, asparagus dan Swiss chard.

 

Artichokes with Clams

Musim panas lebih menyuguhkan kesegaran tuna putih, sarden, paprika guindilla, tomat atau kacang hijau. Lalu musim gugur didominasi aroma daging iris dan sosis, boletus, ziza dan jamur perretxiko.

Sedangkan di musim dingin lebih kepada kacang hitam dari Tolosa dengan sakramen mereka yakni kubis, puding hitam, dan paprika guindilla, kepiting serta makanan penutup apel yang dipanggang atau direbus, walnut dengan keju atau saus hingga chestnut.

sumber "https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3995018/mencicipi-ragam-sajian-menarik-dari-basque-country-spanyol