WH: Pemerintah Bersih Memerlukan Demokrasi Dan Partisipasi Publik.

WH: Pemerintah Bersih Memerlukan Demokrasi Dan Partisipasi Publik.

BangunBanten - Cagub nomor urut satu Wahidin Halim mengatakan, salah satu visinya adalah menciptakan pemerintahan bersih (good governance) di Banten.

“Pemerintahan yang baik memerlukan adanya demokrasi, memerlukan partisipasi, rule of law, memerlukan transparansi memerlukan akuntabilitas, adalah memerlukan adanya upaya penegakan hukum baik,” katanya dalam debat di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (29/1/2017).

Menurutnya, demokrasi di Indonesia harus menjadi contoh negara lain. Dimulai dari pemilihan kepala desa yang demokratis dan harus juga diterima masyarakat. “Punya hak untuk berpedapat, berkumpul, hak untuk dipilih dan memilih,” sebutnya.

Wahidin mengatakan, saat ini demokrasi ekonomi masih ada kesenjangan di Banten. Ia menyebutkan jumlah orang miskin di proivinsi itu belum ada penurunan.

“Masih disayangkan, prihatin masih banyak orang miskin di desa, di perkotaan turun, tapi di desa naik,” ujar Wahidin yang berpasangan dengan Andika di pilgub Banten.

Dia menilai untuk menciptakan pemerintah bersih juga harus disertai dengan penegakan hukum yang tegas.

“Kepercayaan dijaga amanah, janji boleh tapi harus dibuktikan, saya janji pendidikan gratis dan bisa buktikan, bangun sekolah dan bisa buktikan, karena saya punya keyakinan begitu besar keyakinan rakyat,” kata WH

Ia juga menegaskan, pendidikan politik harus mengajarkan edukatif ke masyarakat bagaimana cara berpolitik. “Jadi bukan karena uang, tapi karena prestasi,” tegasnya.

Menurutnya, saat ini masyarakat Banten sudah cerdas dan sangat responsif. “Maka ketika dipilih maka bisa mengajak untuk menentukan pilihan, dan program untuk kepentingan mereka,” pungkasnya.

(okezone.com)