Air PDAM Tirta Albantani Dilaporkan Banyak Dicuri

Air PDAM Tirta Albantani Dilaporkan Banyak Dicuri

BangunBanten.Com- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Albantani Kabupaten Serang sering mendapatkan laporan dari pelanggan terkait adanya pencurian air bersih melalui jaringan pipa.

Meski saat ini hal tersebut belum bisa dibuktikan, karena pelapor khawatir diketahui identitasnya oleh pencuri, namun pihaknya akan menindak tegas pencuri tersebut jika berhasil tertangkap.

Staf Humas Direktur PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang Rahmat Hidayat mengatakan, jika memang terbukti melakukan pencurian air bersih dan tidak bayar, pihaknya akan segera melakukan tindakan dengan menyegel langsung jaringan pipa dan memastikan orang tersebut, tidak bisa berlangganan PDAM sepanjang tidak membayar tagihan. Menurut dia, jika melihat kesalahan sebetulnya perbuatan tersebut masuk ketegori pidana.

“Sanksinya banyak ya, cuma yang pasti kata pimpinan kami kasih edukasi dulu, barangkali dia gak paham menggunakan air PDAM itu bayar,” katanya saat ditemui di kantornya, Senin (11/3/2019).

Ia menuturkan, kejadian pencurian air bersih efeknya tidak baik kepada pelanggan. Sebab, pelanggan yang biasa membayar tagihan air setiap bulan akan iri kepada warga lain yang menikmati air dari PDAM tanpa bayar.

“Contohnya saya pernah ada laporan dari pelanggan, disamping itu juga dari petugas, jadi ada yang memang lama gak bayar dan ada juga (pelanggan yang melapor) pak, kok pelanggan di samping rumah saya gak pake kilometer dibiarkan saja, sementara saya harus rutin bayar per bulan,” ujarnya.

Ia berharap, para pelanggan atau masyarakat, agar melapor kepada PDAM jika ada yang melakukan pencurian air bersih melalui jaringan pipa, sehingga dapat segera dilakukan penertiban.

Menurut dia, untuk membedakan mana pelanggan PDAM dan bukan bisa dilihat dari kilometernya. “Jadi, kalau pelanggan itu ada meterannya. Tapi, kami akan terus menyisir, karena kami mensinyalir masih ada (pencurian air bersih),” ucapnya.

sumber :https://www.kabar-banten.com/air-pdam-tirta-albantani-dilaporkan-banyak-dicuri/