Jelajah Wisata Kota Tangerang dengan Peta Digital

Jelajah Wisata Kota Tangerang dengan Peta Digital

Bangun Bangun.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke kota Tangerang selama lima tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Faktornya disebabkan karena tersedianya berbagai lokasi kunjungan wisatawan seperti cagar budaya, kampung dan taman tematik hingga event Festival yang rutin dilaksanakan setiap bulannya.

Peningkatan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri tersebut, tentunya harus difasilitasi dengan kemudahan berkunjung. Pemkot Tangerang pun menyediakan fasilitas seperti bus wisata, tour guide, jadwal event kegiatan hingga aplikasi wisata yang bernama E-Plesiran.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Syamsul Bahri menuturkan, aplikasi E-Plesiran berisi tentang sejumlah kanal terkait kebutuhan wisatawan seperti lokasi - lokasi wisata yang ada di kota Tangerang, fasilitas publik diantaranya Rumah Ibadah, ATM, Kantor Polisi  dan lainnya.

Jelajah Wisata Kota Tangerang Dengan Peta Digital 2019 Merdeka.com

 

Aplikasi yang tersinkron dengan Google Maps tersebut telah menyediakan titik lokasi wisata yang ada di Kota Tangerang. Sehingga, pelancong cukup meng 'klik' salah satu ikon wisata dan akan mendapatkan petunjuk untuk menuju lokasi tersebut. Bila ingin menggunakan fasilitas bus wisata, maka bisa datang ke Pusat Informasi di Jalan M. Yamin atau samping Taman Laksa.

Terkait Aplikasi E-Plesiran, Syamsul Bahri menambahkan, layanan ini sangat memudahkan dan bagian dari inovasi terkait perkembangan teknologi dan informasi. Sebab, aplikasi ini menjadi peta digital bagi pelancong yang ingin mengunjungi tempat wisata di kota seribu industri dan sejuta jasa.

"Intinya, pelancong yang datang ke Kota tangerang tak akan kesulitan bahkan kesasar dalam mendapatkan titik-titik wisata sebab sudah tersedia di aplikasi E-plesiran, lengkap dengan rute dan foto lokasinya," ujarnya.

Aplikasi E-Plesiran sudah terintegrasi dalam Portal Tangerang LIVE. Jadi warga bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi ini melalui Android Playstore maupun App Store. Nantinya ada aplikasi layanan publik lainnya seperti telepon gawat darurat, info lowongan kerja, harga bahan pokok, jadwal Trans Tangerang dan Kereta Api serta lainnya.

Syamsul juga menjelaskan, Aplikasi E-Plesiran telah berhasil menjadikan Kota Tangerang sebagai kota yang berhasil dalam pemanfaatan teknologi dan informasi hingga masuk dalam 25 Kabupaten/Kota pada Gerakan 100 Smart City oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Untuk hal itu, Aplikasi E-Plesiran meraih penghargaan bidang Smart City tahun 2017 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait Smart City. Kemudian di tahun 2018, meraih penghargaan Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 kategori Smart Branding. Adapun salah satu indikatornya adalah keberhasilan dalam promosi Kota melalui Smart City yakni Aplikasi yang ada di Tangerang LIVE. [hhw].

sumber :https://www.merdeka.com/peristiwa/jelajah-wisata-kota-tangerang-dengan-peta-digital.html