Program KB Dianggap Berhasil Kendalikan Penduduk

Program KB Dianggap Berhasil Kendalikan Penduduk

BangunBanten.Com- Program Keluarga Berencana (KB) yang dilaksanakan BKKBN dianggap berhasil mengendalikan jumlah dan kualitas keluarga di Indonesia. Atas keberhasilannya, Program KB telah diadopsi oleh beberapa negara di dunia.

Hal tersebut terungkap dalam Sosialisasi Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Bersama Mitra 2019 yang diselenggarakan BKKBN di Gedung PGRI Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Senin (11/3/2019). Hadir dalam kesempatan tersebut, ratusan masyarakat dari Kecamatan Kramatwatu.

Anggota Komisi IX DPR RI Yayat Y Biaro menuturkan, program pengendalian kependudukan penting dilaksanakan di Indonesia. Program tersebut, dapat mengendalikan jumlah dan kualitas kependudukan.

“Program KB saat ini sedang jadi favorit, belakang Program KB dilakukan oleh beberapa negara di dunia, karena KB sukses dalam pengendalian penduduk,” katanya.

Pengendalian jumlah dan kualitas penduduk akan berdampak positif terhadap tingkat kesejahteraan dan kesehatan keluarga. “Program perlu diketahui oleh seluruh masyarakat, sehingga masyarakat memahami arti penting dari Program KB,” ujar pria alumni Universitas Samratulangi, Manado tersebut.

Kepala Bidang Advokasi Pergerakan Informasi (Adpin) BKKBN Provinsi Banten Yeti Rismayati mengatakan, pembangunan keluarga di Indonesia berdasar pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Menurut dia, BKKBN memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan jumlah dan kualitas penduduk di Indonesia, salah satunya melalui Program KB. Dalam pelaksanaan Program KB, BKKBN mengingatkan masyarakat untuk menghindari empat terlalu, yakni terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering, dan terlalu cepat.

sumber :https://www.kabar-banten.com/program-kb-dianggap-berhasil-kendalikan-penduduk/